Soal dan Kunci Jawaban dari soal Post Test Modul 5 Implementasi Program dalam PBD "Implementasi Perencanaan untuk Pendidikan Berkualitas" pada Pelatihan Mandiri Merdeka Mengajar.
Setelah satuan pendidikan melakukan proses identifikasi, refleksi, dan benahi, apalagi yang perlu dilakukan? Anda akan mempelajarinya melalui modul terakhir ini. Modul ini diharapkan dapat membantu Anda memahami proses lanjutan untuk merencanakan, menganggarkan, dan melaksanakan program demi peningkatan kualitas layanan di satuan pendidikan.
Refleksi Proses PBD
Dalam mengimplementasikan Perencanaan Berbasis Data, tiap satuan pendidikan perlu memberikan jeda agar dapat melihat kembali setiap tahapan yang telah dilalui. Proses refleksi kali ini akan dipandu melalui video ini. Selamat berefleksi!
Rapor Pendidikan dan Perbaikan Berkelanjutan
Rapor Pendidikan perlu dimaknai oleh satuan pendidikan sebagai alat untuk melakukan perbaikan berkesinambungan. Artinya, Rapor Pendidikan dapat dipakai kapanpun untuk melakukan pembenahan di sepanjang tahun ajaran. Bagaimana hal ini dapat dilakukan? Mari mempelajarinya melalui materi ini.
RKT dalam PBD
Apa tujuan dari Rencana Kerja Tahunan? Bagaimana bentuk dan isi Rencana Kerja Tahunan berdasarkan paradigma yang telah dibangun di dalam Perencanaan Berbasis Data? Yuk, kita simak video ini.
RKAS dalam PBD
Tahapan Identifikasi, Refleksi, dan Benahi sudah dilakukan di satuan Pendidikan. Rencana Kerja Tahunan juga telah disusun. Apa langkah selanjutnya? Pada video kali ini, Ibu dan Bapak akan diajak untuk mencoba merancang anggaran. Penganggaran ini dilakukan berdasarkan program pembenahan yang diprioritaskan sekolah dan akan diisi melalui ARKAS. Mari kita mempelajarinya
Komitmen untuk Layanan Pendidikan Berkualitas
Gambaran utuh tentang Perencanaan Berbasis Data telah didapatkan melalui pembelajaran di topik ini. Saatnya tiap satuan pendidikan berkomitmen demi perbaikan layanan pendidikan yang berkesinambungan dan berorientasi pada murid. Mari kita simak melalui materi ini.
Soal dan Kunci Jawaban Modul 5 Implementasi Program dalam PBD
Soal 1 dari 15
Berikut adalah hal yang perlu difokuskan dalam melakukan refleksi atas pembelajaran terhadap Perencanaan Berbasis Data, kecuali ……
A. Fokus pada situasi yang terjadi
B. Fokus pada makna atau pelajaran yang didapatkan
C. Fokus pada aksi apa yang akan dilakukan
D. Fokus pada solusi apa yang ditemukan
Soal 2 dari 15
Berikut adalah indikator layanan yang perlu diperhatikan dalam proses Perencanaan Berbasis Data, kecuali ……
A. Seluruh indikator yang bermasalah
B. Indikator yang bermasalah
C. Indikator yang menjadi akar permasalahan
D. Indikator yang penting untuk segera dibenahi satuan pendidikan
Soal 3 dari 15
Bagaimana memulai langkah dalam melakukan perubahan berdasarkan Perencanaan Berbasis Data?
A. Segera memilih berbagai kegiatan pembenahan untuk mengatasi semua permasalahan di satuan pendidikan
B. Dimulai dengan menentukan alokasi anggaran untuk melakukan pembenahan di satuan pendidikan
C. Memulai perubahan setahap demi setahap sesuai kondisi dan kemampuan satuan pendidikan
D. Meminta arahan dari dinas pendidikan untuk dapat melakukan perubahan di satuan pendidikan
Soal 4 dari 15
Siapa sajakah yang dapat mempelajari dan mempergunakan Laporan Rapor Pendidikan sebagai bahan evaluasi pendidikan?
A. Kepala satuan pendidikan
B. Rekan pendidik
C. Tenaga pendidik
D. Semua bisa mempelajari dan menggunakannya
Soal 5 dari 15
Apa yang akan terjadi jika saat melakukan pembenahan, kepala satuan pendidikan tidak memanfaatkan Laporan Rapor Pendidikan dengan baik?
A. Akan terjadi kekeliruan dalam melakukan pembenahan
B. Tidak akan terjadi peningkatan mutu pada satuan pendidikan
C. Kurangnya pemahaman kepala satuan pendidikan dan rekan guru terkait kebutuhan satuan pendidikannya
D. Semua benar
Soal 6 dari 15
Ketika satuan pendidikan merasa belum terjadi peningkatan mutu saat di pertengahan proses pembenahan, kepala satuan pendidik bersama rekan pendidik dapat mencoba membuka kembali Laporan Rapor Pendidikan. Lalu, mereka mempelajari kembali rekomendasi pembenahan yang sudah tersedia untuk diaplikasikan di pembenahan berikutnya. Bagaimana pernyataan di atas menurut Anda?
A. Benar
B. Salah
C. Hampir benar
D. Ragu-ragu
Soal 7 dari 15
Tabel pada Rencana Kerja Tahunan terdiri dari ……
A. Masalah - akar masalah - program
B. Indikator prioritas - masalah - program
C. Indikator - masalah - akar masalah - program
D. Masalah - akar masalah - indikator prioritas
Soal 8 dari 15
Manakah di antara pernyataan berikut yang benar?
A. Profil Pendidikan adalah hasil akhir dari Perencanaan Berbasis Data PBD
B. Setiap program pasti memiliki anggaran atau biaya yang harus dikeluarkan
C. Seluruh program Rencana Kerja Tahunan penting untuk dilaksanakan
D. RKT dan RKAS dapat dirumuskan secara langsung tanpa melihat Rapor Pendidikan
Soal 9 dari 15
Tabel pada Rencana Kerja Tahunan terdiri dari ……
A. Masalah - akar masalah - program
B. Indikator prioritas - masalah - program
C. Indikator - masalah - akar masalah - program
D. Masalah - akar masalah - indikator prioritas
Soal 10 dari 15
Perhatikan rincian kegiatan berikut ini :
1. melakukan refleksi satuan pendidikan terkait kebutuhan dana.
2. menentukan kegiatan benahi pada RKT
3. merinci kebutuhan barang dan jasa yang diperlukan
4. merinci nominal harga barang dan jasa yang diperlukan
Dari pernyataan di atas, Langkah yang perlu dilakukan ketika akan melakukan penganggaran ke RKAS adalah . . . .
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 3 dan 4
D. 2 dan 4
Soal 11 dari 15
Perhatikan beberapa daftar kegiatan berikut ini:
1. Pemanfaatan platform merdeka mengajar untuk peningkatan kapasitas guru dan kepala sekolah terkait materi kualitas pembelajaran.
2. Pemanfaatan platform merdeka mengajar untuk peningkatan kapasitas guru dan kepala sekolah terkait materi literasi
3. Pemanfaatan platform merdeka mengajar untuk peningkatan kapasitas guru dan kepala sekolah terkait materi kepemimpinan Instruksional.
4. Pemanfaatan platform merdeka mengajar untuk peningkatan kapasitas guru dan kepala sekolah terkait materi numerasi
Salah satu kebutuhan yang perlu dianggarkan dalam RKAS oleh satuan pendidikan yang paling ......
A. Honor narasumber
B. Honor kegiatan
C. Honor panitia
D. Langganan internet
Soal 12 dari 15
Setelah satuan pendidikan melakukan penganggaran melalui ARKAS, maka tahap berikutnya yang perlu dilakukan adalah....
A. Melakukan input RKAS ke ARKAS
B. Melakukan input RKAS ke RKJM
C. Melakukan input RKT ke RKAS
D. Melakukan input RKT ke RKJM
Soal 13 dari 15
Apa yang harus satuan pendidikan lakukan jika dalam perjalanan proses kegiatan, terdapat kekeliruan ataupun halhal yang dirasa tidak tepat?
A. Tetap melanjutkan kegiatan yang telah direncanakan
B. Mengabaikan hal tersebut demi kelanjutan pembenahan
C. Langsung mengganti kegiatan dengan yang sesuai dengan satuan pendidikan
D. Berdiskusi dengan rekan pendidik dan berbagai unsur satuan pendidikan untuk mencari solusi yang sesuai
Soal 14 dari 15
Bagaimanakah proses pengawasan sebaiknya dilakukan?
A. Secukupnya saja
B. Pengawasan dilakukan secara berkala dan terus-menerus
C. Pengecekan dilakukan ketika kegiatan menemukan masalah
D. Tidak perlu pengawasan yang ketat dan rutin
Soal 15 dari 15
Siapakah yang berperan penting dalam keberhasilan implementasi Perencanaan Berbasis Data di satuan pendidikan?
A. Tenaga pendidik
B. Kepala satuan pendidikan
C. Orang tua peserta didik
D. Seluruh unsur satuan pendidikan
Soal Latihan Pemahaman Modul 5 Implementasi Program dalam PBD
Siapa saja yang dapat dilibatkan untuk mendapatkan data tambahan mengenai kondisi satuan pendidikan ?
A. Tenaga pendidik
B. Peserta didik
C. Orang tua
D. Semua benar
Pada saat kapankah Rapor Pendidikan dapat digunakan?
A. Awal tahun ajaran
B. Akhir tahun ajaran
C. Pertengahan semester
D. Kapanpun saat hendak melakukan pembenahan
RKT adalah ……
A. Rencana Kerja Tahunan
B. Rancangan Kerja Tahunan
C. Revisi Kerja Tahunan
D. Rencana Kegiatan Tahunan
E. Rancangan Kegiatan Tahunan
Rencana Kegiatan Tahunan yang membutuhkan biaya akan dianggarkan oleh Satuan Pendidikan melalui . . . .
A. Rencana Kerja Jangka Pendek
B. Rencana Kerja Jangka Panjang
C. Rencana Kerja dan Anggaran Sekolah
D. Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah
Apa saja tiga tahapan utama implementasi Perencanaan Berbasis Data?
A. Identifikasi, Refleksi, Klarifikasi
B. Identifikasi, Evaluasi, Klarifikasi
C. Identifikasi, Refleksi, Benahi
D. Identifikasi, Relaksasi, Benahi