Soal dan Kunci Jawaban dari soal Post Test Modul 3 Apa dan Mengapa Perencanaan Berbasis Data? "Implementasi Perencanaan untuk Pendidikan Berkualitas" pada Pelatihan Mandiri Merdeka Mengajar.
Apa dan Mengapa Perencanaan Berbasis Data?
Mengapa kita perlu melakukan perencanaan yang didasarkan pada data? Apa itu Perencanaan Berbasis Data? Pada modul pertama ini, Anda akan memelajari mengenai apa itu Perencanaan Berbasis Data dan pentingnya melakukan Perencanaan Berbasis Data. Modul ini diharapkan dapat membangun kesadaran diri Anda untuk mulai memiliki paradigma baru dalam melakukan perencanaan demi perbaikan satuan pendidikan.
Berikanlah waktu pada diri Anda untuk memahami setiap materi, merefleksikannya dan mengaitkannya dengan pengalaman Anda sendiri. Manfaatkan setiap materi dalam topik ini untuk makin memahami kehadiran Perencanaan Berbasis Data bagi kemajuan satuan pendidikan Anda.
Refleksi Perencanaan
Setiap satuan pendidikan sudah terbiasa dalam melakukan perencanaan dan menyusun program di setiap tahun ajaran. Kali ini Anda akan diajak melakukan refleksi atas perencanaan yang sudah pernah dilakukan. Anda juga akan diperkenalkan pada paradigma yang baru dalam melakukan perencanaan.
Latar Belakang PBD
Mengapa satuan pendidikan diajak untuk melakukan perubahan kebiasaan dalam melakukan perencanaan? Seperti apa gambaran perubahan yang perlu dipahami dan dilakukan? Anda akan memelajari urgensi penting dan gambaran mengenai Perencanaan Berbasis Data melalui video ini.
Tujuan Perencanaan, Tujuan Pendidikan
Kerangka perencanaan yang tepat merupakan bagian yang sangat penting untuk dilakukan oleh satuan pendidikan agar dapat mencapai tujuan pendidikan nasional. Kaitan antara Perencanaan Berbasis Data sebagai kerangka perencanaan yang tepat dengan tujuan pendidikan nasional akan dibahas di dalam video ini.
Soal dan Kunci Jawaban Modul 3 Apa dan Mengapa Perencanaan Berbasis Data?
Soal 1 dari 3
Apa saja pertimbangan dalam melakukan perencanaan?
A. Asumsi terhadap kondisi belajar-mengajar di kelas
B. Fasilitas di satuan pendidikan
C. Data-data mengenai peserta didik, guru, dan lingkungan satuan pendidikan
D. Kesamaan dengan program tahun ajaran lalu
Soal 2 dari 3
Manakah yang tidak termasuk dalam elemen Perencanaan Berbasis Data?
A. Melibatkan berbagai pemangku kepentingan
B. Berdasarkan pada data dan fakta
C. Menambah sarana dan prasarana fisik
D. Semua benar
Soal 3 dari 3
Hal apa yang diperlukan dalam membuat perencanaan satuan pendidikan?
A. Data
B. Perkiraan pribadi
C. Perkiraan kelompok
D. Yang penting dana habis
Soal dan Kunci Jawaban Latihan Pemahaman Modul 1 Apa dan Mengapa Perencanaan Berbasis Data?
1. Kehadiran asumsi yang kuat akan membantu satuan pendidikan dalam menentukan perencanaan yang tepat.
A. Benar
B. Salah
2. Apakah kebiasaan yang ingin diubah dari proses Perencanaan Berbasis Data?
A. Proses perencanaan harus berdasarkan data kegiatan tahun sebelumnya.
B. Perencanaan yang berdasarkan asumsi menjadi perencanaan berdasarkan data dan fakta.
C. Perencanaan yang melibatkan data dari kepala sekolah dan guru saja.
D. Proses perencanaan yang terkait dengan peningkatan kualitas sarana dan prasarana fisik.
3. Salah satu sumber data Perencanaan Berbasis Data adalah rapor pendidikan.
A. Benar
B. Salah
CERITA REFLEKTIF
- Bagaimana Anda melakukan perencanaan program selama ini untuk satuan pendidikan?
- Apa arti penting kehadiran Perencanaan Berbasis Data untuk satuan pendidikan Anda?
- Bagaimana kontribusi satuan pendidikan Anda selama ini untuk mencapai tujuan pendidikan?