Kumpulan Soal - Soal UN Geografi dan Pembahasannya. Materi yang diujikan UN Geografi SMA meliputi Hakekat Geografi, Dinamika Planet Bumi sebagai Ruang Kehidupan, Fenomena Geosfer, Kependudukan dan Lingkungan Hidup, Informasi Geografi, dan Kewilayahan. Materi tersebut diuji melalui tiga level kognitif yaitu, pengetahuan dan pemahaman, aplikasi, dan penalaran. Soal UN Geografi dan Pembahasannya.
Hasil analisis UN 2018 dan UN 2019 untuk mata pelajaran Geografi menunjukkan sebagian besar siswa tidak mengalami kesulitan menjawab soal yang berupa pengetahuan dan pemahaman terutama pada materi atau topik yang sering dibahas baik dalam buku maupun media massa, seperti mitigasi bencana, lingkungan hidup, serta pembangunan berkelanjutan. Siswa mengalami kesulitan pada soal yang menuntut kemampuan mengolah informasi baik dalam bentuk narasi mapun bagan atau gambar. Hasil analisis juga menujukkan sebagian besar siswa belum menguasai materi penting dalam Geografi yaitu menginterpretasi piramida penduduk, peta, dan citra penginderaan jauh.
Pembelajaran geografi perlu menekankan pada penerapan konsep geografi, hubungan antar fenomena, dan tools dalam memahami aspek keruangan terutama dikaitkan dengan contoh-contoh dalam kehidupan nyata. Dengan demikian diharapkan pemahaman siswa lebih mendalam, tidak hanya sekedar mengetahui istilah atau mengingat fenomena. Pembelajaran dengan cara mengamati fenomena yang terjadi di lingkungan (outdoor) atau di dalam kelas dengan demonstrasi menggunakan alat peraga seperti miniatur, gambar, film, atau simulasi dari software akan memudahkan siswa untuk memahami konsep yang perlu dikuasai terutama aspek keruangan (spasial) yang menjadi ciri khas Geografi. Pemberian tugas berupa pemecahan masalah atau tugas kelompok berupa projek yang mengharuskan siswa untuk menerapkan berbagai konsep Geografi perlu digalakkan untuk meningkatkan pemahaman dan apresiasi siswa terhadap ilmu yang dipelajari dan sekaligus berkembangnya kemampuan berpikir kritis. Soal UN Geografi dan Pembahasannya
Dibawah ini adalah Soal UN Geografi dan Pembahasannya.
Contoh Soal Lingkungan Hidup dan Pembangunan Berkelanjutan
1. Pernyataan:
(1) mengadakan reboisasi di daerah hulu sungai;
(2) melarang membangun rumah di sepadan sungai;
(3 menetapkan hutan lindung di daerah pesisir pantai;
(4) program kali bersih yang melibatkan penduduk;
(5) karantina hewan/tumbuhan yang masuk ke dalam negeri.
Tindakan yang mencerminkan pelestarian lingkungan sungai terdapat pada angka .…
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (4)
C. (1), (3), dan (5)
D. (2), (4), dan (5)
E. (3), (4), dan (5)
Kunci Jawaban : B
Pembahasan:
Sebanyak 80% siswa menjawab benar soal ini. Usaha pelestrarian lingkungan merupakan topik yang sering dibahas baik dalam buku pelajaran maupun pada media massa.
Contoh Soal Menginterpretasi Piramida Penduduk
2. Permasalahan kependudukan dari piramida penduduk seperti gambar adalah ....
A. angka pertumbuhan penduduk tinggi
B. angka pertumbuhan penduduk rendah
C. angka ketergantungan tinggi
D. pertumbuhan usia produktif rendah
E. peningkatan kesehatan pada usia lanjut
Kunci Jawaban: A
Pembahasan:
Soal ini mengukur kemampuan peserta didik menginterpretasi piramida penduduk. Sebanyak 58% siswa tidak dapat menjawab benar soal ini. Untuk dapat menjawab benar siswa perlu memahami tipe piramida, struktur penduduk, dan komposisi penduduk. Pada soal ini gambar piramida menunjukkan angka pertumbuhan penduduk tinggi karena penduduk muda lebih tinggi dari jumlah penduduk dewasa dan tua.
Contoh Soal Interpretasi Citra Penginderaan Jauh
3. Karakteristik objek pada citra:
(1) rona cerah;
(2) tekstur halus;
(3) bentuk memanjang.
Bentang alam yang sesuai dengan karakteristik tersebut adalah ....
A. sungai
B. lapangan
C. perkantoran
D. persawahan
E. jalan raya
Kunci Jawaban: E
Pembahasan:
Soal menguji kemampuan siswa menginterpretasi penampakan objek dalam citra satelit. Sebanyak 43% siswa tidak dapat menjawab benar soal tersebut. Untuk dapat menjawab benar siswa perlu memahami unsur interpretasi karakteristik objek, dalam hal ini tingkat kecerahan, tekstur, dan bentuk objek.
(1) Rona Cerah, menunjukkan objek dapat memantulkan cahaya dengan baik sehingga objek yang memungkinkan adalah lapangan, perkantoran, dan jalan raya
(2) Tekstur halus, objek yang memungkinkan adalah sungai, jalan raya, lapangan
(3) Bentuk memanjang, objek yang memungkinkan adalah Jalan raya, dan sungai.
Jawaban yang betul adalah E yaitu objek jalan raya.
Contoh Soal Aplikasi Peta
4. Ketinggian titik B sesuai ilustrasi gambar adalah … dan cocok untuk tanaman ….
A. 300 m, tembakau dan kelapa
B. 350 m, cokelat dan teh
C. 375 m, kopi dan aren
D. 400 m, padi dan tebu
E. 700 m, pinus dan kina
Kunci Jawaban: D
Pembahasan:
Sebanyak 70% siswa tidak dapat menjawab benar soal ini, Untuk dapat menjawab benar siswa perlu memahami cara membaca peta kontur dan memahami hubungan ketinggian suatu tempat dengan kesesuaian tanaman pada zona iklim Junghun. Garis kontur pada peta adalah garis imajiner pada suatu wilayah atau area di atas peta yang memperlihatkan beberapa titik peta yang memiliki ketinggian yang sama dan penanda ada tidaknya bentuk relief sesuai dengan wujud asli di permukaan bumi.
Kontur interval dapat dihitung untuk mengetahui perbedaan ketinggian antar dua garis kontur yang berdekatan yang dapat dihitung melalui cara :
Kontur interval = 1/2000 x 50.000 = 25 m
Tinggi B = 500 m – (25 x 4) = 400 m
Sesuai dengan hasil perhitungan, berdasarkan klasifikasi iklim Junghun daerah tersebut masuk ke dalam Zona Iklim panas. Tanaman yang cocok di zona tersebut antara lain berupa tembakau, tebu, padi, kelapa.
Demikianlah Beberapa Contoh Soal UN Geografi dan Pembahasannya untuk menghadapi Ujuan Nasional Tahun 2020.