Kumpulan Soal - Pembahasan Soal UN Tahun 2020 dan Soal Pembahasan UN SMA Bahasa Inggris SMA/MA IPA/IPS Tahun 2020 dibawah ini merupakan Contoh Soal Pembahasan UN SMA Bahasa Inggris SMA/MA IPA/IPS Tahun 2020. Untuk Menghadapi UN Tahun 2020 bisa mempelajari Contoh Soal Pembahasan UN SMA Bahasa Inggris SMA/MA IPA/IPS di bawah ini.
UN Bahasa Inggris - SMA/MA IPA/IPS
Ujian Nasional (UN) mata pelajaran Bahasa Inggris pada tingkat SMA pada tahun 2019 mencakup fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal dan transaksional, teks fungsional pendek (antara lain announcement, undangan, dan pemberitahuan), dan teks descriptive, recount, narrative, procedure, report, exposition, dan news item yang diujikan melalui keterampilan listening dan reading. Soal-soal ujian meliputi level kognitif pengetahuan dan pemahaman, aplikasi, dan penalaran. Download Soal Pembahasan UN SMA Bahasa Inggris SMA/MA IPA/IPS
Berdasarkan hasil analisis jawaban siswa terhadap soal-soal Bahasa Inggris UN SMA tahun 2019, sebagian siswa telah mampu mengidentifikasi topik sebuah wacana yang tersurat (contoh soal nomor 5), namun sebagian besar siswa masih kesulitan untuk mengidentifikasi topik sebuah wacana yang tersirat (contoh soal nomor 6). Persentase siswa yang dapat menjawab benar soal topik wacana secara tersurat maupun tersirat masih di bawah 50%. Kelemahan siswa dalam menentukan gagasan utama terutama mencolok bila teks cukup panjang dan menuntut kemampuan untuk menganalisis dan membandingkan.
Demikian pula untuk unsur kebahasaan khususnya penguasaan dan pemahaman penggunaan kosakata yang tepat berdasarkan konteks hanya sebagian siswa yang menguasai meskipun kosa kata yang ditanyakan cukup umum. Tingkat keberhasilan siswa untuk menemukan persamaan kata yang tidak kontekstual atau sinonim (contoh soal nomor 3) dan yang menuntut siswa menalar makna kata berdasarkan konteks (contoh soal nomor 4) cukup berimbang. Namun pencapaian siswa untuk persamaan kata yang sifatnya kontekstual sedikit lebih baik 2% yang disebabkan teks yang digunakan cukup sederhana. Bagaimanapun, kedua soal tersebut masih menunjukkan angka di bawah 50%, yang seharusnya siswa dapat lebih baik lagi mengingat kosakata yang digunakan cukup umum.
Tak jauh berbeda, untuk soal yang mengukur kompetensi siswa dalam Struktur Teks, siswa pun masih mengalami kesulitan ketika jawaban mengharuskan siswa untuk bernalar atau membandingkan. Ini sangat kentara saat siswa diminta untuk mengidentifikasi ide utama sebuah paragraph yang biasanya dapat ditemui di awal atau akhir paragraf, maka ada 40% siswa yang menjawab dengan benar (contoh soal nomor 1). Namun ketika diminta untuk membandingkan simpulan dari dua paragraph, maka jumlah siswa yang mampu menjawab benar tak lebih dari 25% (contoh soal nomor 2). Hal ini disebabkan siswa tak hanya perlu menemukan ide utama dalam teks, tapi juga menyimpulkan terlebih dahulu masing-masing paragraph, lalu membandingkan keduanya.
Pada proses pembelajaran khususnya materi-materi terkait Struktur Teks, guru harus lebih banyak melatih siswa dalam memahami dan membandingkan ide pokok antarparagraf sehingga siswa lebih terampil. Selain itu kosa kata yang digunakan untuk mengelaborasi ide pokok menjadi sebuah kalimat atau paragraf juga harus ditingkatkan frekwensinya dalam proses pembelajaran.
Lebih jauh, Agar siswa dapat mengidentifikasi makna dari suatu phrase sesuai dengan konteksnya. Siswa perlu dilatih untuk menganalisis phrase secara kontekstual. Phrase yang ditanyakan terkadang diberikan ilustrasi and penjelasan dikalimat-kalimat selanjutnya, sehingga siswa perlu dibiasakan untuk memanfaatkan contoh dan/atau definisi untuk menemukan makna phrase yang sulit. Kemampuan memahami phrase dikalangan siswa dapat ditingkatkan dengan memberikan penugasan membaca dan membuat ringkasan.
Unduh Soal Pembahasan UN SMA Bahasa Inggris SMA/MA IPA/IPS
UN Bahasa Inggris - SMA/MA IPA/IPS
Ujian Nasional (UN) mata pelajaran Bahasa Inggris pada tingkat SMA pada tahun 2019 mencakup fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal dan transaksional, teks fungsional pendek (antara lain announcement, undangan, dan pemberitahuan), dan teks descriptive, recount, narrative, procedure, report, exposition, dan news item yang diujikan melalui keterampilan listening dan reading. Soal-soal ujian meliputi level kognitif pengetahuan dan pemahaman, aplikasi, dan penalaran. Download Soal Pembahasan UN SMA Bahasa Inggris SMA/MA IPA/IPS
Berdasarkan hasil analisis jawaban siswa terhadap soal-soal Bahasa Inggris UN SMA tahun 2019, sebagian siswa telah mampu mengidentifikasi topik sebuah wacana yang tersurat (contoh soal nomor 5), namun sebagian besar siswa masih kesulitan untuk mengidentifikasi topik sebuah wacana yang tersirat (contoh soal nomor 6). Persentase siswa yang dapat menjawab benar soal topik wacana secara tersurat maupun tersirat masih di bawah 50%. Kelemahan siswa dalam menentukan gagasan utama terutama mencolok bila teks cukup panjang dan menuntut kemampuan untuk menganalisis dan membandingkan.
Demikian pula untuk unsur kebahasaan khususnya penguasaan dan pemahaman penggunaan kosakata yang tepat berdasarkan konteks hanya sebagian siswa yang menguasai meskipun kosa kata yang ditanyakan cukup umum. Tingkat keberhasilan siswa untuk menemukan persamaan kata yang tidak kontekstual atau sinonim (contoh soal nomor 3) dan yang menuntut siswa menalar makna kata berdasarkan konteks (contoh soal nomor 4) cukup berimbang. Namun pencapaian siswa untuk persamaan kata yang sifatnya kontekstual sedikit lebih baik 2% yang disebabkan teks yang digunakan cukup sederhana. Bagaimanapun, kedua soal tersebut masih menunjukkan angka di bawah 50%, yang seharusnya siswa dapat lebih baik lagi mengingat kosakata yang digunakan cukup umum.
Tak jauh berbeda, untuk soal yang mengukur kompetensi siswa dalam Struktur Teks, siswa pun masih mengalami kesulitan ketika jawaban mengharuskan siswa untuk bernalar atau membandingkan. Ini sangat kentara saat siswa diminta untuk mengidentifikasi ide utama sebuah paragraph yang biasanya dapat ditemui di awal atau akhir paragraf, maka ada 40% siswa yang menjawab dengan benar (contoh soal nomor 1). Namun ketika diminta untuk membandingkan simpulan dari dua paragraph, maka jumlah siswa yang mampu menjawab benar tak lebih dari 25% (contoh soal nomor 2). Hal ini disebabkan siswa tak hanya perlu menemukan ide utama dalam teks, tapi juga menyimpulkan terlebih dahulu masing-masing paragraph, lalu membandingkan keduanya.
Pada proses pembelajaran khususnya materi-materi terkait Struktur Teks, guru harus lebih banyak melatih siswa dalam memahami dan membandingkan ide pokok antarparagraf sehingga siswa lebih terampil. Selain itu kosa kata yang digunakan untuk mengelaborasi ide pokok menjadi sebuah kalimat atau paragraf juga harus ditingkatkan frekwensinya dalam proses pembelajaran.
Lebih jauh, Agar siswa dapat mengidentifikasi makna dari suatu phrase sesuai dengan konteksnya. Siswa perlu dilatih untuk menganalisis phrase secara kontekstual. Phrase yang ditanyakan terkadang diberikan ilustrasi and penjelasan dikalimat-kalimat selanjutnya, sehingga siswa perlu dibiasakan untuk memanfaatkan contoh dan/atau definisi untuk menemukan makna phrase yang sulit. Kemampuan memahami phrase dikalangan siswa dapat ditingkatkan dengan memberikan penugasan membaca dan membuat ringkasan.
Unduh Soal Pembahasan UN SMA Bahasa Inggris SMA/MA IPA/IPS
Download Kumpulan
Unduh Soal Pembahasan UN SMA Bahasa Inggris SMA/MA IPA/IPS
[ Format File .doc .docx Microsoft Word dan PDF ]