Pembahasan Soal UN Tahun 2020 dan Soal Pembahasan Soal UN Matematika SMK Tahun 2020 dibawah ini merupakan Contoh Pembahasan Soal UN Matematika SMK Tahun 2020. Untuk Menghadapi UN Tahun 2020 bisa mempelajari Contoh Pembahasan Soal UN Matematika SMK Tahun 2020 di bawah ini.
Pembahasan Soal UN Matematika SMK Tahun 2020
Pembahasan Soal UN Matematika SMK Tahun 2020
Lingkup materi yang diujikan pada mata pelajaran Matematika SMK berbeda-beda tergantung pada rumpun keahlian. Lingkup materi untuk SMK Teknik adalah Aljabar, Kalkulus, Geometri dan Trigonometri, serta Statistika. Untuk SMK Akuntansi lingkup materinya adalah Aljabar, Geometri, serta Statistika dan Peluang. Sedangkan untuk rumpun Pariwisata, lingkup materinya adalah Aljabar, Geometri dan Trigonometri serta Statistika. Level kognitif yang diujikan meliputi pengetahuan dan pemahaman, aplikasi, dan penalaran.
Berdasar kajian terhadap hasil analisis Ujian Nasional 2019 ditemukan bahwa secara umum siswa SMK dapat mengerjakan soal-soal yang rutin mereka temui, baik yang hanya melibatkan perhitungan langsung maupun mengandung stimulus berupa cerita seperti pada soal nomor 1 dan soal nomor 3. Namun demikian, hasil analisis pada beberapa soal menunjukkan bahwa siswa belum memiliki pemahaman konsep yang baik misalnya pada soal nomor 2 terkait konsep dasar kedudukan garis dan soal nomor 4 terkait konsep nilai maksimum/minimum pada masalah program linier. Adapun untuk soal level penalaran, siswa secara konsisten menunjukkan kurang mampu menyelesaikan soal-soal penalaran yang membutuhkan kemampuan analisis pada masalah kontekstual yang tidak pernah dibahas dalam pembelajaran seperti pada soal nomor 5.
Berdasar temuan dari hasil Ujian Nasional SMK 2019, untuk pembelajaran matematika di kelas disarankan agar guru memastikan siswa memahami konsep matematika dan tidak hanya menghafal prosedur menyelesaikan soal. Latihan soal penting dalam pembelajaran matematika, tetapi bukanlah yang utama. Yang utama dalam pembelajaran matematika adalah memahami konsep yang kemudian dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan. Di dalam pembelajaran, guru perlu memastikan bahwa siswa memahami suatu materi sebelum melanjutkan ke materi berikutnya.
Dalam pembelajaran, disarankan guru menekankan hal-hal penting terkait konsep materi yang diajarkan. Misalnya, konsep nilai optimum pada program linier yang tidak hanya terjadi pada titik potong kendala. Oleh karena itu, guru perlu menyiapkan berbagai bentuk penugasan atau permasalahan sehingga siswa tidak terpaku pada satu jenis atau bentuk permasalahan dan prosedur penyelesaian tertentu. . Selain itu, perlu juga bagi guru untuk memberikan penugasan yang dapat menstimulus proses berpikir siswa yang lebih tinggi seperti menganalisis, memprediksi. Hal tersebut untuk menyiapkan dan membiasakan siswa menyelesaikan permasalahan yang membutuhkan proses berpikir yang lebih kompleks. Dengan hal ini diharapkan penguasaan materi siswa akan lebih maksimal.
Unduh Pembahasan Soal UN Matematika SMK Tahun 2020
Berdasar kajian terhadap hasil analisis Ujian Nasional 2019 ditemukan bahwa secara umum siswa SMK dapat mengerjakan soal-soal yang rutin mereka temui, baik yang hanya melibatkan perhitungan langsung maupun mengandung stimulus berupa cerita seperti pada soal nomor 1 dan soal nomor 3. Namun demikian, hasil analisis pada beberapa soal menunjukkan bahwa siswa belum memiliki pemahaman konsep yang baik misalnya pada soal nomor 2 terkait konsep dasar kedudukan garis dan soal nomor 4 terkait konsep nilai maksimum/minimum pada masalah program linier. Adapun untuk soal level penalaran, siswa secara konsisten menunjukkan kurang mampu menyelesaikan soal-soal penalaran yang membutuhkan kemampuan analisis pada masalah kontekstual yang tidak pernah dibahas dalam pembelajaran seperti pada soal nomor 5.
Berdasar temuan dari hasil Ujian Nasional SMK 2019, untuk pembelajaran matematika di kelas disarankan agar guru memastikan siswa memahami konsep matematika dan tidak hanya menghafal prosedur menyelesaikan soal. Latihan soal penting dalam pembelajaran matematika, tetapi bukanlah yang utama. Yang utama dalam pembelajaran matematika adalah memahami konsep yang kemudian dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan. Di dalam pembelajaran, guru perlu memastikan bahwa siswa memahami suatu materi sebelum melanjutkan ke materi berikutnya.
Dalam pembelajaran, disarankan guru menekankan hal-hal penting terkait konsep materi yang diajarkan. Misalnya, konsep nilai optimum pada program linier yang tidak hanya terjadi pada titik potong kendala. Oleh karena itu, guru perlu menyiapkan berbagai bentuk penugasan atau permasalahan sehingga siswa tidak terpaku pada satu jenis atau bentuk permasalahan dan prosedur penyelesaian tertentu. . Selain itu, perlu juga bagi guru untuk memberikan penugasan yang dapat menstimulus proses berpikir siswa yang lebih tinggi seperti menganalisis, memprediksi. Hal tersebut untuk menyiapkan dan membiasakan siswa menyelesaikan permasalahan yang membutuhkan proses berpikir yang lebih kompleks. Dengan hal ini diharapkan penguasaan materi siswa akan lebih maksimal.
Unduh Pembahasan Soal UN Matematika SMK Tahun 2020
Download Kumpulan
Unduh Pembahasan Soal UN Matematika SMK Tahun 2020
[ Format File .doc .docx Microsoft Word dan PDF ]