KUMPULAN SOAL. Berdasarkan hasil evaluasi Pendidikan Profesi Guru, Pelatihan Guru Daerah Khusus (PPG-PGDK) 2018 dalam rangka sertifikasi guru melalui PPG, angka tingkat kelulusan peserta khususnya untuk Uji Pengetahuan (UP) relatif masih rendah (dibawah 35%). Permasalahan tersebut perlu segera dicarikan solusi, agar di satu sisi kelulusan peserta semakin tinggi, dan di sisi yang lain kualitas guru semakin meningkat. Untuk itu diperlukan. Contoh Soal dan Lengkap dengan Pembahasannya, Soal dibawah ini adalah sebagai sumber belajar yang memudahkan guru (peserta) dalam mengikuti PPG PGDK. Soal-soal dalam uji pengetahuan (UP) yang merupakan bagian dari Uji Kompetensi Mahasiswa Pengembangan Profesi Guru (UKMPPG) sebagai prasyarat uji profesionalitasinya.
Dibawah ini ada beberapa Soal Uji Pengetahuan lengkap dengan pembahasannya, Soal dibawah ini adalah Soal UP Pedagogik Mata Pelajaran PPKN, Baca dan Pelajarilah Soal Pembahasan UP dibawah ini sebagai wawasan Dalam menghadapi Ujian Pengetahuan PPG dari Tahun ke Tahun.
Soal Sebelumnya, Soal 1 sampai 10 Soal UP PPG PPKN
10 Soal UP PPG Lengkap dengan Pembahasan
Soal 11
Seorang siswa memainkan handphone di dalam kelas ketika guru sedang mengajar, maka reinforcement yang tepat diberikan oleh guru kepada anak tersebut adalah ...
A. Memberikan ancaman
B. Memberikan hukuman
C. Memberikan tugas tambahan
D. Memberikan peringatan
E. Mendekatisiswa tersebut
Kunci Jawaban: E
Pembahasan
Dalam proses pembelajaran seorang guru harus bisa memilih solusi jika ada siswa yang melakukan hal yang kurang baik dalam pembelajaran. Siswa diharapkan menjadi sadar dan tidak mengulanginya lagi. Dalam hal siswa memainkan handphone maka guru bisa mendekatinya dan bicara dari hati ke hati.
Soal 12
Ketua Komisi Yudisial (KY) melihat banyak hakim yang melanggar hukum dalam menjalankan tugasnya. Komisi Yudisial juga bertugas mengajukan usul penjatuhan sanksi terhadap hakim kepada pimpinan Mahkamah Agung atau Mahkamah Konstitusi. Berdasarkan wacana di atas, keterampilan kewarganegaraan yang harus dimiliki siswa sebagai warga negara adalah ...
A. Menganalisis kasus-kasus hukum yang melibatkan hakim
B. Merancang usulan sanksi yang tepat terhadap hakim pelanggar hokum
C. Mendorong agar KY memberikan sanksi berat bagi hakim pelanggar hokum
D. Mengevaluasi putusan MA apabila memecat semua hakim pelanggar hokum
E. Memahami tugas-tugas dari lembaga tinggi negara
Kunci Jawaban: B
Pembahasan
Dalam praktik belajar kewarganegaraan maka sesuai dengan indikator pencapaian kompetensinya, maka siswa sebagai warga negara maka harus memiliki keterampilan kewarganegaraan. Terkait kasus di atas maka mereka harus bisa merancang usulan sanksi yang tepat bagi hakim yang sudah terbuk?? melanggar.
Soal 13
Ketika dalam suatu kegiatan pembelajaran, guru memberi kesempatan kepada peserta didikuntuk menemukan pengetahuan tentang perilaku manusia dalam memanfaatkan tempat sampah dari berbagai sumber belajar, maka tampilan guru tersebut dikategorikan sebagai ...
A. Mengamatilingkungan
B. Mengumpulkan informasi
C. Mengidentifi kasi masalah
D. Menemukan masalah
E. Merumuskan masalah
Kunci Jawaban: B
Pembahasan
Dalam melakukan prosedur evaluasi pembelajaran maka guru harus mengarah pada pendekatan saintifik. Dalam kegiatan dimana guru yang memberi kesempatan peserta didik untuk menemukan pengetahuan tentang perilaku manusia dalam memanfaatkan sampah dikategirikan mengumpulkan informasi.
Soal 14
Penilaian pembelajaran PPKn bertujuan untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. Ketika dalam suatu kegiatan penilaian pembelajaran, guru mengunakan instrumen yang berbeda antara peserta didik laki-laki dan perempuan, maka kegiatan penilaian tersebut dikategorikan sebagai tindakan yang tidak ...
A. Objektif
B. Adil
C. Sahih
D. Akuntabel
E. Valid
Kunci Jawaban: B
Pembahasan
Guru dalam merencanakan dan melaksanakan evaluasi proses dan hasil belajar peserta didik dalam PPKn maka tidak boleh memberikan perlakuan yang berbeda hanya karena berbeda jenis kelamin,karena hal ini menjadi tidak adil. Guru dalam melakukan penilaian harus dilakukan dengan adil dan tidak membedakan latar belakang maupun jenis kelamin.
Soal 15
Kegiatan mengembangkan kisi-kisi penilaian dalam prosedur penilaian pembelajaran PPKn dilaksanakan setelah ...
A. Tujuan pembelajaran diketahui
B. Teknik penilaian ditentukan
C. Penilaian telah dilaksanakan
D. Instrumen penilaian telah disusun
E. Kunci jawaban disusun
Kunci Jawaban: B
Pembahasan
Sesuai dengan langkah-langkah yang dilakukan guru dalam menyusun perencanaan penilaian pembelajaran. Setelah teknik penilaian ditentukan, maka guru mengembangkan kisi-kisi penilaian. Kisi-kisi yang dibuat memuat materi, indikator pencapaian kompetensi, bentuk soal, tingkat kesukaran soal, dan berapa jumlah soal dari setiap indikator pencapaian kompetensi.
Soal 16
Jenis instrumen penilaian yang tepat dipergunakan guru untuk memperoleh hasil belajar peserta didik dengan Indikator Pencapaian Kompetensi “menganalisis makna Sumpah Pemuda dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia” adalah ...
A. Lembar observasi
B. Produk
C. Projek
D. Skala sikap
E. Tes tertulis uraian
Kunci Jawaban: E
Pembahasan
Jenis instrumen penilaian yang tepat dipergunakan guru untuk memperoleh hasil belajar peserta di dik dengan Indikator Pencapaian Kompetensi “menganalisis makna Sumpah Pemuda dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia” adalah tes tertulis berupa uraian karena guru ingin mengetahui pemikiran peserta didik terkait makna yang itu akan lebih mendalam jika menggunakan uraian.
Soal 17
Bentuk kegiatan remedial bagi peserta didik yang hasil belajarnya di bawah KBM untuk tujuan pembelajaran “peserta didik dapat menganalisis makna dan artikebangkitan nasional 1908 dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia” adalah ...
A. Membuat ringkasan isi buku tentang makna kebangkitan nasional
B. Mengerjakan PR tentang makna dan artikebangkitan nasional 1908
C. Membuat karya tulis tentang kebangkitan nasional 1908
D. Membuat ringkasan isi buku Sukarno
E. Melakukan ulangan harian ulang
Kunci Jawaban: A
Pembahasan
Menentukan jenis remidial harrus berdasarkan sebuah hasil penilaian. Bentuk kegiatan remedial bagi peserta didik yang hasil belajarnya di bawah KBM untuk tujuan pembelajaran “peserta didik dapat menganalisis makna dan artikebangkitan nasional 1908 dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia” yang paling tepat adalah membuat ringkasan isi buku tentang makna kebangkitan nasional.
Soal 18
Jenis instrumen penilaian yang tepat dipergunakan guru untuk memeroleh hasil belajar peserta didik dengan IPK “mempresentasikan hasil identifi kasi pengaruh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap Negara dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika” adalah....
A. Jurnal
B. Projek
C. Unjuk kerja
D. Observasi
E. Tes tertulis
Kunci Jawaban: C
Pembahasan
Unjuk kerja merupakan jenis instrumen penilaian yang tepat dipilih guru untuk memeroleh hasil belajar peserta didik sesuai IPK yang ada. IPK “mempresentasikan hasil identifikasi pengaruh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap Negara dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika” akan meminta peserta didik untuk tampil mempresentasikan hasil kerja peserta didik, dan penilaian yang sesuai adalah unjuk kerja.
Soal 19
Salah satu permasalahan dalam pembelajaran PPKn yang sering ditemukan adalah kebosanan peserta didik, iklim belajar yang tidak kondusif. Solusi yang bisa dipergunakan guru terhadap masalah belajar tersebut yang paling sesuai dengan jiwa Kurikulum 2013 adalah dengan menggunakan model pembelajaran ...
A. Scientifi c approach
B. Cooperative learning
C. Contextual teaching and learning
D. Discovery learning
E. Project based learning
Kunci Jawaban: B
Pembahasan
Salah satu cara yang bisa digunakan guru dalam inovasi pembelajaran maka dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif, karena ada banyak tipe sepertijigsaw, TGT, STAD dan lain-lain, sehingga dalam prosesnya akan bervariasi dan menyenangkan peserta didik. Melalui pembelajaran kooperatif peserta didik diajak untuk bekerjasama dengan teman lainnya dan mengembangkan salah satu bentuk keterampilan kewarganegaraan (civic skills).
Soal 20
Penggunaan teknologi terbaru dapat dilakukan guru dalam kegiatan pembelajaran sehingga hasil belajar peserta didik maksimal. Pada tujuan pembelajaran “peserta didik dapat menganalisis dinamika peran Indonesia dalam perdamaian dunia sesuai Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945” adalah dengan cara ....
A. Membaca buku elektronik tentang dinamikaperan Indonesia dalam perdamaian dunia
B. Membuat kliping dari media elektronik tentang dinamika peran Indonesia dalam perdamaian dunia
C. Membuat karya tulis tentang dinamika peran Indonesia dalam perdamaian dunia
D. Membuat ringkasan isi buku elektronik tentang peran Indonesia dalam perdamaian dunia
E. Melakukan kajian lapangan tentang peran Indonesia dalam perdamaian dunia sesuai UUD NRI Tahun 1945
Kunci Jawaban: B
Pembahasan
Penggunaan teknologi baru dapat memberikan hasil yang maksimal dari peserta didik. Untuk menganalisis dinamika peran Indonesia dalam perdamaian dunia sesuai Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun1945” adalah dengan cara membuat kliping dari media elektronik tentang dinamika peran Indonesia dalam perdamaian dunia.
Unduh 10 Soal UP PPG 2019 | Soal Pedagogik PPKN PPG 2019. Unduh
Demikian 10 Soal dan Pembahasan Contoh Tes Soal Pedagogik Jurusan PPKN yaitu mengenai Soal Tes Pedagogik PPG 2019 Untuk Calon Peserta PPG dalam Jabatan Tahun 2018-2022 yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat dan membantu Bapak dan Ibu guru. IKUTI BLOG Kami Supaya Tidak Ketinggalan Artikel-artikel menarik Lainnya, Khususnya tentang SOAL PRETEST DAN SOAL UP PPG. Terima Kasih Telah Berkunjung di Blog Kami. Salam Sukses Untuk Guru Indonesia.
Jangan Lupa Berdoa. Semoga Bermanfaat