Modul Pembinaan Evaluasi Hasil Belajar SMA.
MODUL SOSIOLOGI. Dalam Modul ini di bahas Juga Beberapa Soal dan Lengkap dengan Pembahasan Soal UN Tahun 2019, Contoh Soal dan Pembahasan, Contoh Soal UN dan Pembahasan, Soal UNBK 2019. Soal dan Pembahasan UN Sosiologi Tahun 2019
Perubahan komposisi kemampuan berpikir tingkat tinggi pada Keterampilan Abad 21 sebagai konsekuensi perubahan tuntutan standar-standar pendidikan yang menghendaki lulusan yang kritis, kreatif, komunikatif dan kolaboratif. Berdasarkan kebutuhan lulusan ini, diterbitkanlah standar kompetensi lulusan (SKL) yang ditetapkan melalui Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2016. Selanjutnya standar kompetensi lulusan tersebut dipergunakan sebagai dasar menentukan isi kurikulum dan mata pelajaran yang dituangkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi. Mengacu pada Standar Isi tersebut ditetapkan langkah-langkah pembelajaran yang tepat dalam rangka mencapai kompetensi yang dibutuhkan melalui Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses. Dalam rangka memastikan proses tersebut mencapai kompetensi yang diharapkan diterbitkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian.
Sebagaimana Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian, Ujian Nasional (UN) merupakan salah satu bentuk penilaian hasil belajar terhadap peserta didik oleh pemerintah untuk menilai pencapaian kompetensi lulusan secara nasional pada mata pelajaran tertentu. Walaupun UN tidak lagi sebagai penentu kelulusan, UN tidak kehilangan peran strategisnya yaitu (1) sebagai pemetaan mutu program dan/atau satuan pendidikan; (2) sebagai bahan pertimbangan dalam pembinaan dan pemberian bantuan kepada satuan pendidikan dalam rangka peningkatan mutu; (3) sebagai bahan pertimbangan dalam melanjutkan pendidikan. Atas dasar tuntutan penilaian terhadap ketercapaian kebutuhan kompetensi inilah, soal-soal Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills, HOTS) dimasukkan dalam soal Ujian Nasional (UN).
Hasil Ujian Nasional pada tahun 2019 menunjukkan bahwa Indeks Integritas Ujian Nasional (IIUN) 2019 meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Hal ini disebabkan karena hampir 98% SMA telah menggunakan moda Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Namun seperti pada https://puspendik.kemdikbud.go.id/hasilun/, dimana masih terdapat 11.188 sekolah yang memiliki nilai di bawah 55 atau di bawah kriteria minimal lulus ujian nasional. Salah satu penyebabnya adalah peningkatan proporsi soal soal berpikir tingkat tinggi, yaitu menjadi sepuluh sampai dengan dua puluh persen.
Berdasarkan hasil UN SMA tahun 2019 di atas, Direktorat Pembinaan SMA memprogramkan Bimbingan Teknis Pembinaan Pasca Evaluasi Hasil Belajar (EHB) kepada guru dari SMA dengan hasil UN kategori kurang atau nilai mata pelajaran yang diujikan di bawah 55. Mata pelajaran yang menjadi sasaran Bimtek Pembinaan Pasca EHB meliputi: 1) Bahasa Indonesia, 2) Bahasa Inggris, 3) Matematika, 4) Fisika, 5) Kimia, 6) Biologi, 7) Ekonomi, 8) Geografi, 9) Sosiologi, dan 10) Antropologi. Oleh karena itu, agar bimtek ini berjalan dengan lancar maka disusun lah modul Pasca EHB sebagai pedoman kegiatan bimtek untuk semua mata pelajaran.
Materi dalam modul ini difokuskan pada materi-materi yang memiliki daya serap rendah dan yang menuntut kemampuan berpikir tingkat tinggi. Materi tersebut disusun sesuai kebutuhan evaluasi pasca EHB yang meliputi: (1) Unit 1, Analisis Materi-Materi Daya Serap Rendah; (2) Unit 2, Soal-soal UN Daya Serap Rendah dan Pembahasannya; (3) Unit 3, Strategi Pembelajaran dalam Berpikir Tingkat Tinggi. Secara umum setiap modul berisi uraian singkat materi, fokus unit, penugasan, dan refleksi.
Bahan Bacaan
Materi-materi terkait untuk memperkaya wawasan agar kegiatan Bimtek Pembinaan Pasca EHB dapat berjalan dengan lancar adalah sebagai berikut:
1. Implementasi Higher Order Thinking Skills dalam Pembelajaran dan Penilaian;
2. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang terkait dengan Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses, dan Standar Penilaian;
3. Panduan Penilaian Hasil Belajar oleh Satuan Pendidikan dan Pemerintah; 4. Panduan Pengembangan Kisi-kisi dan Butir Soal;
5. Hasil Ujian Nasional SMA Tahun 2019 (https://puspendik.kemdikbud.go.id/hasilun/).
Tujuan
Bimbingan Teknis Pembinaan Pasca Evaluasi Hasil Belajar (EHB) bertujuan:
1. Mengembangkan kemampuan guru dalam mendiagnosis materi-materi daya serap rendah.
2. Mengembangkan kemampuan guru dalam menyelesaikan soal-soal khususnya soal berpikir tingkat tinggi
3. Mengembangkan keterampilan guru dalam menyajikan materi-materi berpikir tingkat tinggi pada pembelajaran di kelas agar lebih mudah dipahami oleh peserta didik.
Hasil yang Diharapkan
Hasil yang diharapkan dari penyelenggaraan Bimtek Pembinaan Pasca EHB adalah sebagai berikut:
1. Meningkatnya kemampuan guru dalam mendiagnosis materi-materi daya serap rendah.
2. Meningkatnya kemampuan guru dalam menyelesaikan soal-soal khususnya soal berpikir tingkat tinggi.
3. Meningkatnya keterampilan guru dalam menyajikan materi-materi yang menuntut berpikir tingkat tinggi pada pembelajaran di kelas agar lebih mudah dipahami oleh peserta didik.
Dalam Modul dibawah ini terdapat 3 Unit Pembahasan yaitu Analisis Materi Daya Serap Rendah, Pembahasan Soal Daya Serap Rendah dan Strategi Pembelajaran Terdiri dari Unit
1 Analisis Materi Daya Serap Rendah
A. Pemetaan MDSR
B. Penugasan
C. Refleksi
Unit 2 Pembahasan Soal Daya Serap Rendah
A. Uraian Singkat Materi
B. Penugasan
C. Refleksi
Unit 3 Strategi Pembelajaran
A. Uraian Singkat Materi
B. Penugasan
C. Refleksi
Selain itu, Dalam Modul ini di bahas Juga Beberapa Soal dan Lengkap dengan Pembahasan Soal UN Tahun 2019, Contoh Soal dan Pembahasan, Contoh Soal UN dan Pembahasan, Soal UNBK 2019.
Modul Pembinaan Pasca Evaluasi Hasil Belajar Pelajaran Sosiologi SMA
Demikianlah Soal UN dan Pembahasannya, Semoga Bermanfaat Untuk Kita Semua. IKUTI BLOG Kami Supaya Tidak Ketinggalan Artikel-artikel menarik Lainnya, Khususnya tentang SOAL UN DAN PEMBAHASANNYA. Terima Kasih Telah Berkunjung di Blog Kami. Salam Sukses Untuk Guru Indonesia.
MODUL SOSIOLOGI. Dalam Modul ini di bahas Juga Beberapa Soal dan Lengkap dengan Pembahasan Soal UN Tahun 2019, Contoh Soal dan Pembahasan, Contoh Soal UN dan Pembahasan, Soal UNBK 2019. Soal dan Pembahasan UN Sosiologi Tahun 2019
Perubahan komposisi kemampuan berpikir tingkat tinggi pada Keterampilan Abad 21 sebagai konsekuensi perubahan tuntutan standar-standar pendidikan yang menghendaki lulusan yang kritis, kreatif, komunikatif dan kolaboratif. Berdasarkan kebutuhan lulusan ini, diterbitkanlah standar kompetensi lulusan (SKL) yang ditetapkan melalui Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2016. Selanjutnya standar kompetensi lulusan tersebut dipergunakan sebagai dasar menentukan isi kurikulum dan mata pelajaran yang dituangkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi. Mengacu pada Standar Isi tersebut ditetapkan langkah-langkah pembelajaran yang tepat dalam rangka mencapai kompetensi yang dibutuhkan melalui Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses. Dalam rangka memastikan proses tersebut mencapai kompetensi yang diharapkan diterbitkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian.
Sebagaimana Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian, Ujian Nasional (UN) merupakan salah satu bentuk penilaian hasil belajar terhadap peserta didik oleh pemerintah untuk menilai pencapaian kompetensi lulusan secara nasional pada mata pelajaran tertentu. Walaupun UN tidak lagi sebagai penentu kelulusan, UN tidak kehilangan peran strategisnya yaitu (1) sebagai pemetaan mutu program dan/atau satuan pendidikan; (2) sebagai bahan pertimbangan dalam pembinaan dan pemberian bantuan kepada satuan pendidikan dalam rangka peningkatan mutu; (3) sebagai bahan pertimbangan dalam melanjutkan pendidikan. Atas dasar tuntutan penilaian terhadap ketercapaian kebutuhan kompetensi inilah, soal-soal Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills, HOTS) dimasukkan dalam soal Ujian Nasional (UN).
Hasil Ujian Nasional pada tahun 2019 menunjukkan bahwa Indeks Integritas Ujian Nasional (IIUN) 2019 meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Hal ini disebabkan karena hampir 98% SMA telah menggunakan moda Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Namun seperti pada https://puspendik.kemdikbud.go.id/hasilun/, dimana masih terdapat 11.188 sekolah yang memiliki nilai di bawah 55 atau di bawah kriteria minimal lulus ujian nasional. Salah satu penyebabnya adalah peningkatan proporsi soal soal berpikir tingkat tinggi, yaitu menjadi sepuluh sampai dengan dua puluh persen.
Berdasarkan hasil UN SMA tahun 2019 di atas, Direktorat Pembinaan SMA memprogramkan Bimbingan Teknis Pembinaan Pasca Evaluasi Hasil Belajar (EHB) kepada guru dari SMA dengan hasil UN kategori kurang atau nilai mata pelajaran yang diujikan di bawah 55. Mata pelajaran yang menjadi sasaran Bimtek Pembinaan Pasca EHB meliputi: 1) Bahasa Indonesia, 2) Bahasa Inggris, 3) Matematika, 4) Fisika, 5) Kimia, 6) Biologi, 7) Ekonomi, 8) Geografi, 9) Sosiologi, dan 10) Antropologi. Oleh karena itu, agar bimtek ini berjalan dengan lancar maka disusun lah modul Pasca EHB sebagai pedoman kegiatan bimtek untuk semua mata pelajaran.
Materi dalam modul ini difokuskan pada materi-materi yang memiliki daya serap rendah dan yang menuntut kemampuan berpikir tingkat tinggi. Materi tersebut disusun sesuai kebutuhan evaluasi pasca EHB yang meliputi: (1) Unit 1, Analisis Materi-Materi Daya Serap Rendah; (2) Unit 2, Soal-soal UN Daya Serap Rendah dan Pembahasannya; (3) Unit 3, Strategi Pembelajaran dalam Berpikir Tingkat Tinggi. Secara umum setiap modul berisi uraian singkat materi, fokus unit, penugasan, dan refleksi.
Bahan Bacaan
Materi-materi terkait untuk memperkaya wawasan agar kegiatan Bimtek Pembinaan Pasca EHB dapat berjalan dengan lancar adalah sebagai berikut:
1. Implementasi Higher Order Thinking Skills dalam Pembelajaran dan Penilaian;
2. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang terkait dengan Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses, dan Standar Penilaian;
3. Panduan Penilaian Hasil Belajar oleh Satuan Pendidikan dan Pemerintah; 4. Panduan Pengembangan Kisi-kisi dan Butir Soal;
5. Hasil Ujian Nasional SMA Tahun 2019 (https://puspendik.kemdikbud.go.id/hasilun/).
Tujuan
Bimbingan Teknis Pembinaan Pasca Evaluasi Hasil Belajar (EHB) bertujuan:
1. Mengembangkan kemampuan guru dalam mendiagnosis materi-materi daya serap rendah.
2. Mengembangkan kemampuan guru dalam menyelesaikan soal-soal khususnya soal berpikir tingkat tinggi
3. Mengembangkan keterampilan guru dalam menyajikan materi-materi berpikir tingkat tinggi pada pembelajaran di kelas agar lebih mudah dipahami oleh peserta didik.
Hasil yang Diharapkan
Hasil yang diharapkan dari penyelenggaraan Bimtek Pembinaan Pasca EHB adalah sebagai berikut:
1. Meningkatnya kemampuan guru dalam mendiagnosis materi-materi daya serap rendah.
2. Meningkatnya kemampuan guru dalam menyelesaikan soal-soal khususnya soal berpikir tingkat tinggi.
3. Meningkatnya keterampilan guru dalam menyajikan materi-materi yang menuntut berpikir tingkat tinggi pada pembelajaran di kelas agar lebih mudah dipahami oleh peserta didik.
Dalam Modul dibawah ini terdapat 3 Unit Pembahasan yaitu Analisis Materi Daya Serap Rendah, Pembahasan Soal Daya Serap Rendah dan Strategi Pembelajaran Terdiri dari Unit
1 Analisis Materi Daya Serap Rendah
A. Pemetaan MDSR
B. Penugasan
C. Refleksi
Unit 2 Pembahasan Soal Daya Serap Rendah
A. Uraian Singkat Materi
B. Penugasan
C. Refleksi
Unit 3 Strategi Pembelajaran
A. Uraian Singkat Materi
B. Penugasan
C. Refleksi
Selain itu, Dalam Modul ini di bahas Juga Beberapa Soal dan Lengkap dengan Pembahasan Soal UN Tahun 2019, Contoh Soal dan Pembahasan, Contoh Soal UN dan Pembahasan, Soal UNBK 2019.
Modul Pembinaan Pasca Evaluasi Hasil Belajar Pelajaran Sosiologi SMA
Demikianlah Soal UN dan Pembahasannya, Semoga Bermanfaat Untuk Kita Semua. IKUTI BLOG Kami Supaya Tidak Ketinggalan Artikel-artikel menarik Lainnya, Khususnya tentang SOAL UN DAN PEMBAHASANNYA. Terima Kasih Telah Berkunjung di Blog Kami. Salam Sukses Untuk Guru Indonesia.